Beautiful Banyuwangi

6:16 PM Unknown 1 Comments

Hi Felaz!
Kali ini aku bakalan ajak kalian jalan-jalan ke Banyuwangi! Wah, dari namanya aja kalian pasti udah tau dong Banyuwangi ini terkenal akan apa?! Yap, Banyuwangi ini salah satu kota yang ada di Jawa Timur yang terkenal akan keindahan alam dan budayanya. Karena Ferdast Felaz ini ngebahas khusus soal travelling, so, aku bakal kasih tau ke kalian nih gimana serunya One Day Trip goes to Banyuwangi! *yeeeyyy!!*

Kawah Ijen

pintu masuk menuju taman wisata Kawah Ijen

Kawah Ijen ini adalah sebuah danau yang ada di atas Gunung Ijen. Danau ini terbentuknya dari letusan Gunung Ijen yang ngebikin danau kawah yang indah banget loh, felaz! Yang Bikin lebih indah lagi nih, di Kawah Ijen pada pukul 05.00 hingga menjelang matahari terbit ada "Blue Fire" yang indaaaah banget, by the way Blue Fire ini bukan kata kiasan atau julukan, tapi emang apinya bener-bener warna biru, felaz! woww, keren gak tuh? Eits, ada lagi nih keindahan lainnya.. Di Kawah Ijen ini merupakan tempat dengan pemandangan sunrise yang super super super indaaah banget sorry lebay, felaz. hehe. Terus nih, ada juga yang jadi perhatian pengunjung, yaitu penambang belerang tradisional yang ada di sana. Jadi, buat Felaz yang lagi mau ke Kawah Ijen siap-siap bawa masker yaa, soalnya aroma belerangnya cukup menyengat, hihi.

Nah, buat kalian nih yang mau ke Kawah Ijen, kalian harus sudah ada di pintu masuk yang bernama Paltuding pada pukul 01.00 WIB. kenapa harus se dini  hari itu? Karena untuk mencapai ke kawah ijen kalian harus mendaki dulu, Felaz, dan yang pasti biar kalian enggak ketinggalan pemandangan indahnya Blue Fire dan sunrise di kawah ijen. Di Paltuding kalian bisa mengisi perut dulu, disana ada warung dan meskipun dini hari, tetap ramai dikunjungi para pendaki yang akan menuju ke kawah ijen. Jarak dari Paltuding ke Kawah Ijen gak jauh kok, Felaz.. cuma 3 KM aja. Tapi, meskipun jaraknya gak jauh-jauh banget tapi medannya cukup.. lumayan.. yaaa gitu deh.. haha. Biasanya sih, waktu untuk menempuh dari Paltuding ke kawah ijen selama sekitar 2-3 jam, Felaz! Kalau sudah siap, yuk kita mendaki eaaa hehe.

Nah kan Felaz, indah banget Blue Fire nyaaaa... 😍
Saat dalam perjalanan mendaki, kalian bakalan ketemu sama para penambang belerang yang turun untuk menimbang belerang hasil galiannya loh, Felaz.
Perlu diingat buat Felaz yang baru pertama kali ke Kawah Ijen, harus banget diperhatikan kondisi kesehatan kalian dan untuk minum, kamu cukup minum satu atau dua teguk saja setiap 15 menit sekali untuh mencegah penurunan metabolisme tubuh, Felaz.


Barang bawaan yang wajib banget dipake saat menuju ke kawah ijen yaitu:
- Masker
- Topi yang bisa menutupi seluruh kepala dan dahi
- Penutup telinga karena disana dingin banget dan apa lagi pada dini hari
- Senter karena kabut dan asap cukup tebal, untuk membantu pengelihatan kalian
- Jas hujan karena pada saat musim hujan di perjalanan dari Paltuding menuju ke Kawah Ijen tidak ada tempat berteduh
- untuk pakaian, jangan gunakan celana jins. gunakan pakaian yang tebal dan senyaman mungkin beserta sepatu dan sandal yang nyaman agar tidak mudah terpeleset, Felaz

Info HTM:
- Bayar Rp 3000/orang untuk retribusi warga kampung disana
- Karcis Masuk: Rp 5000/orang di hari kerja dan Rp 7500/orang di hari libur, itu untuk wisatawan lokal. dan untuk wisatawan mancanegara, Rp 100.000/orang di hari kerja dan Rp 150.000/orang di hari libur
- Parkir motor Rp 2000 dan mobil Rp 10.000


Seusai menikmati Kawah yang ada di atas Gunung Ijen yang indah banget, kalian bisa kembali ke Paltuding, disana kalian bisa istirahat sambil mengisi perut di warung, ada berbagai macam makanan loh, seperti pisang rebus, gorengan, mie instan, dan macam-macam masakan nasi beserta minumannya, Felaz!

Pantai Pulau Merah

Belum berhenti disitu, Felaz. Hari masih panjang.. yuk kita move move move ke pemandangan alam lain yang gak kalah indahnya. Tapi yang kali ini cocok untuk tempat bersantai sambil menikmati semilir angin pantai.


Yap, kali ini kita ke Pantai Pulau Merah. Pantai Pulau Merah yang berada di Selatan Banyuwangi ini memiliki keindahan pantai dan yang bikin wisatawan terpikat yaitu bentuknya yang menyerupai perpaduan pegunungan dan laut ini pasti bikin Felaz jatuh cinta.

Di Pantai Pulau Merah ini frekuensi ombak lautnya pas banget nih buat yang punya hobby berselancar. Banyak juga wisatawan yang berkunjung disini memang khusus untuk berselancar, Felaz.

peselancar yang sedang berselancar di Laut Pulau Merah

Kenapa dinamai Pulau Merah? Katanya nih, Felaz.. Pasir di Pantai Pulau Merah ini berwarna kemerahan dan dulunya di Pulau Merah yang berhadapan dengan pantainya itu terpancar cahaya kemerahan.

nah itu dia, Felaz, yang menjadi ciri khas Pantai Pulau Merah
Ah udah deh, kalo ngomongin soal pantai pasti gak ada habisnya, Felaz bisa ngapain aja disana, bermain pasir, berenang (kalau lagi surut), bahkan berselancar atau sekedar belajar. Buat Felaz yang ingin berselancar, gak perlu repot-repot bawa alat selancar dari rumah loh, Felaz bisa sewa disana dengan kisaran harga Rp 25.000 - Rp 50.000, Felaz. dijamin worth it banget sama pemandangannya




Untuk tiket masuk, Felaz gak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam, cuma Rp 8.000 dan bebas biaya parkir, loh!
Jadi gimana nih, Felaz? udah siap jalan-jalan ke Banyuwangi? 😉😊 (MEL028)

1 comment: